Capaian Pembelajaran

Berdasarkan Permendikbud No. 049 Tahun 2014, dijelaskan sebagai berikut. Deskripsi capaian pembelajaran minimal aspek sikap dan tata nilai bagi lulusan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi sebagai berikut.

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Deskripsi capaian pembelajaran minimal aspek penguasaan pengetahuan/ kelimuan bagi lulusan Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember adalah sebagai berikut.

  1. Mengembangkan konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah menengah, dan perguruan tinggi melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  2. Mengembangkan konsep matematika dan pola pikir  matematik untuk  studi ke  jenjang berikutnya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mengembangkan konsep dan prinsip  didaktik-pedagogis matematika serta  keilmuan matematika  untuk memecahkan masalah terkait dengan merencanakan pembelajaran inovatif dan teruji melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  4. Mengembangkan konsep dan prinsip  didaktik-pedagogis matematika serta  keilmuan matematika  untuk memecahkan masalah terkait dengan pelaksanaan  pembelajaran inovatif dan teruji melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  5. Mengembangkan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta  keilmuan matematika  untuk memecahkan masalah terakit dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran melalui pendekatan inter atau multidisipliner

Deskripsi capaian pembelajaran minimal aspek keterampilan kerja umum bagi lulusan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi untuk program magister mampu hal-hal berikut.

  1. Menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan matematika melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan matematika melalui penelitian ilmiah, atau menghasilkan karya desain/seni beserta konsep kajian yang didasarkan pada kaidah desain/seni, yang disusun dalam bentuk tesis.
  3. Mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan matematika pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.
  4. Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat terutama masyarakat akademik.
  5. Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan.
  6. Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri.
  7. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  8. Melaksanakan penelitian bidang pendidikan matematika berbasis peta penelitian, dengan pendekatan inter atau multi disipliner, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain.
  9. Mengidentifikasi bidang keilmuan obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian.

Deskripsi capaian pembelajaran minimal aspek kemampuan khusus bagi lulusan Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember adalah sebagai berikut.

  1. Mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah yang valid, efektif, dan praktis yang meliputi silabus, RPP, bahan ajar, buku siswa, buku guru, LKS, media pembelajaran, dan instrumen authentic assessment.
  2. Mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Student centered learning di S1 Pendidikan Matematika yang valid, efektif, dan praktis kaitannya dengan KPT 13 yang meliputi silabus, RPS, bahan ajar, RTM, LKM, dan media, dan instrumen authentic assessment.

Elemen CP sesuai Lima Pilar Pendidikan Unesco-Sisdiknas

Lima Pilar  Belajar (Unesco-Sisdiknas Indonesia) adalah sebagai berikut.

  1. Learning to believe and to convince the almighty God (belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa)
  2. Learning to know (belajar untuk memahami dan menghayati)
  3. Learning to do (belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif)
  4. Learning to live together (belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain)
  5. Learning to be (belajar untuk membangun dan menemukan jati diri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *